by AGIVE TRILESTARI

Tips Memasak Beras Merah/Coklat/Pink Agar Nasi Menjadi Enak dan Pulen

Tips Memasak Beras Merah/Coklat/Pink Agar Nasi Menjadi Enak dan Pulen
Berikut ini tips dari saya tentang cara memasak beras merah/beras hitam/beras coklat/beras pink supaya menjadi nasi yg enak dan pulen
Menurut pengalaman saya, waktu belajar untuk mulai mengkonsumsi nasi merah, saya mix / campur dengan perbandingan 1 cup beras putih : 1 cup meras merah (begitu juga dengan beras yang lainnya).
Anak-anak sebenarnya sudah mulai makan nasi merah terlebih dahulu karena dari awal mereka makan nasi, saya sudah memberikan beras merah kepada mereka, jadi untuk anak anak sebenarnya tidak terlalu sulit dan sudah terbiasa sampai sekarang.
Jenis beras merah pada awalnya saya gunakan yang organik, biasanya beras saya rendam terlebih dahulu kurang lebih 1 atau 2 jam, baru kemudian dimasak sama seperti memasak beras putih, hanya saja airnya saya tambahkan 1 cup dari takaran normalnya beras putih hasilnya akan pulen dan enak dimakan.
Lalu saya mulai mencoba beras hitam, awalnya sama juga dengan cara saya mix dengan beras merah, dengan takaran air yang saya lebihkan 1 cup dari takaran normal beras putih dan tentunya direndam dulu selama 1 atau 2 jam sebelum dimasak supaya hasilnya enak dan pulen.
Lalu sekarang saya mulai mencoba beras coklat, caranya sama juga dengan yang merah dan hitam, selanjutnya yang pink pun juga demikian. Jadi saya mulai mix konsumsi nasinya dan biasanya saya selang seling dalam seminggu.
Info tambahan, beras merah itu ada 2 jenis (selain yang organik); yaitu beras merah sekali giling* dan 2 kali giling**.
Klo beras hitam biasanya semuanya jenis organik.
  • * Beras merah sekali giling sama dengan yang organik, teksturnya lebih kasar dan warnanya lebih pekat merahnya. Kalo mau enak ya seperti yang sudah saya sampaikan diatas, cara memasaknya direndam terlebih dahulu baru kemudia dimasak dan airnya ditambah 1 ato 2 cup dari takaran normal.
  • ** Beras merah 2 kali giling warnanyanya tidak terlalu pekat tekstur merahnya. Tanpa direndam sebelum dimasakpun sebenarnya sudah enak dan pulen tapi kelemahannya lebih cepat hancur dan berkutu.
O iya sekedar info lagi, beras merah yang dijual di pasar kadang sudah dimix dengan beras putih ya mom… jadi hati-hati membelinya karena banyak sekali saya temukan berasnya dioplos seperti itu.
Kalo di area cibubur biasanya saya membeli beras tersebut di fresh market kota wisata, nama tokonya Sumber Rejeki. Disana jual beras merah 1 kali giling dan 2 kali giling, ditempat lain mungkin ada tapi agak sulit untuk mencari yg 2 kali giling.
Oke, selamat mencoba…. terus berusaha untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi ya…. 🙏😍


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *